Share on Facebook

Wiko Robby adalah smartphone Android andalan pabrikan Wiko yang telah hadir dan menjual smartphone di Indonesia pada tahun 2015. Dan kini untuk meramaikan segmen low-entry phablet market di Indonesia, Wiko memperkenalkan seri Robby sebagai senjata pamungkas untuk menaikkan sales mereka sebelum liburan Lebaran. Apakah smartphone tersebut bisa memikat hati calon pembeli Indonesia? Mari simak review kami.

UNBOXING

Packaging Wiko Robby
Packaging Wiko Robby

Packaging Wiko Robby yang mencolok dan berwarna-warni mencerminkan karakteristik playful dari smartphone tersebut. Namun jangan salah, hal ini bukan berarti material dan warna yang dipilih akan kelihatan seperti murahan. Dewasa ini, semua pabrikan smartphone merubah taktik mereka dengan memilih penggunaan material premium. Iya, metal body adalah trend tahun 2016 untuk Android smartphone.

Di dalam packaging tersebut terdapat charger dan headset bawaan pabrik. Selain itu, calon pembeli akan berasa senang akan kehadiran removable battery. Iya, meskipun dewasa ini banyak pabrikan menyatukan battery dengan bodi, Wiko membuat suatu perbedaan yang pastinya akan membuat para pengguna lebih happy.

HARDWARE

Smartphone ini mempunyai banyak pilihan warna seperti space grey, gold, bleen, lime dan rose gold. Untuk proporsi smartphone tersebut, kami melihat dimensi 155 x 79.1 x 100mm dengan berat 185 gram sebagai suatu keputusan yang aman untuk Robby. Meskipun smartphone tersebut termasuk tebal untuk layar 5.5 inci dan juga bezel (bingkai) yang tebal, kami tidak menurunkan nilai Wiko Robby ini karena memang smartphone tersebut mengincar segmen kelas bawah dan kami tidak bisa mengharapkan semua yang serba tipis dan premium.

Selain itu, tombol power dan volume terletak di bagian kanan smartphone, sedangkan di bagian atas terdapat headphone jack 35mm. Hal menarik dari design Wiko Wobby adalah penggunaan double front-facing speaker seperti halnya HTC One M8. Wiko mengadopsi teknologi Aurora 3D Sound sehingga dipercayai suara yang dihasilkan akan lebih surround dan keras.

Wiko Robby

Satu lagi inovasi menarik adalah penggunaan dua microphone di bagian atas dan bawah smartphone tersebut. Jadi, anda tidak perlu khawatir sisi mana yang anda pakai untuk mendengarkan telepon. UI akan otomatis berputar menurut posisi genggaman dan alhasil suara yang dihasilkan juga akan lebih jelas dan mengurangi bising di sekitar.

SCREEN

Layar Wiko Robby
Layar Wiko Robby

Wiko Robby menggunakan layar berukuran 5.5 inci dengan teknologi IPS untuk memudahkan angle viewing dari beberapa sisi. IPS diklaim bisa mempertahankan warna yang cerah dan kontras yang tinggi dalam sudut 178 derajat. Dan juga, Wiko Wobby dipersenjatai dengan tekenology Full Lamination Display seperti iPhone 6s. Hal tersebut akan membuat warna layar yang akan semakin cerah dan terasa sangat nyata.

Resolusi yang didapatkan juga tergolong standar yakni 1280 x 720 pixel dengan pixel density 267 ppi. Kami melihat keterangan yang dihasilkan cukup terang, meskipun kami tidak mendapatkan informasi seberapa besar nits.

PERFORMA

Wiko Robby mengandalkan prosesor Quadcore besutan Mediatek dengan seri MT6580 dan mempunyai kecepatan 1.3Ghz. Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan RAM 2GB dan 16GB ROM (yang bisa diexpand sampai dengan 64GB melalui SD card). Meskipun spesifikasi yang disajikan memang untuk segmen menengah ke bawah, experience smartphone tersebut terasa mumpuni untuk penggunaan sehari-hari dan tidak memainkan game berat.

Hasil Antutu menunjukkan 23.927 dan termasuk mumpuni di kelasnya. Semakin tinggi angka tersebut menunjukkan performa yang lebih bagus di kategori 3D, User Experience, CPU dan RAM.

Begitu juga dengan hasil Geekbench di mana benchmarking platform tersebut bisa mengukur kinerja prosesor dan memberikan nilai terhadap kemampuan single dan multi-core prosesor. Semakin tinggi angka tersebut menunjukkan seberapa kencang prosesor tersebut bisa melibas aktifitas yang lebih berat.

CAMERA

Wiko membekali kemampuan kamera belakang beresolusi 8MP dan kamera depan 5MP. Spesifikasi kamera tersebut termasuk lumrah untuk standar kamera saat ini dan alhasil kualitas foto yang dihasilkan tidaklah spektakuler. Namun pada jepretan foto di siang hari, kualitas yang dihasilkan cukup mumpuni karena detil objek bisa dihasilkan dengen cukup baik dan tingkat noise yang dihasilkan juga sangat sedikit.

Namun, untuk pemotretan malam hari, Wiko Robby menemui kewalahan yang sering dihadapi smarpthone Android pada umumnya. Noise level yang dihasilkan lumayan cukup tinggi sehingga sedikit banyak menggangu ketajaman foto. Namun untuk kamera depan, terdapat fitur beautification yang bisa membuat senang fans sosial media.

SUMMARY

Layar besar dan metal body merupakan suatu nilai lebih yang dicari calon pembeli dan Wiko Robby memberikan suatu opsi yang bagus. Selain itu, fungsi reversible yang unik membuat pengguna tidak usah terlalu peduli dengan posisi layar karena akan diubah otomatis dan juga kehadiran mic di dua posisi yang akan semakin memudahkan pengguna.

Namun keluhan terbesar adalah absen-nya fitur 4G LTE di smartphone tersebut. Dewasa ini, operator dan pabrikan smartphone berlomba mensosialisasikan fitur dan kecepatan 4G LTE, jadi alangkah sayang-nya bila smartphone keluaran tahun 2016 masih belum mendukung koneksi super cepat ini.

Wiko Robby resmi dibanderol seharga Rp 1.399.000 dan dijual eksklusif di Lazada secara flash sale pada tanggal 24 Juni jam 10 pagi. Dengan harga murah dan segala keuntungan yang ditawarkan, smartphone Android ini akan memberikan opsi menarik untuk calon pelanggan sebelum berliburan di Lebaran.

 

REVIEW OVERVIEW
Design
Layar
Performa
Kamera
Value for Money
SHARE
Facebook
Previous articleLenovo Vibe C Dibanderol Rp 1.2 Juta di Lazada
Next articleTiga Rekomendasi Smartwatch Murah Berkualitas
user

LEAVE A REPLY Cancel reply