Home Mobile Phones and Tablets Android LG G3 Smartphone Android Review

LG G3 merupakan smartphone Android terbaru dari LG yang diluncurkan pada bulan Juni 2014. Smartphone terbaru ini datang sebagai gadget kelas premium yang mengusung berbagai fitur mumpuni untuk bersaing dengan smartphone kelas premium seperti HTC One M8, Sony Xperia Z2 dan Samsung Galaxy S5. Fitur canggih yang dibanggakan smartphone ini diantaranya layar 5.5″ Quad HD (2560 x 1440), kamera 13-Megapixel dengan Optikal Image Stabilization dan didukung oleh Laser Auto Focus yang diklaim memiliki kecepatan autofokus lebih cepat dari Phase Detection, serta user interface yang juga diklaim lebih baik daripada smartphone lainnya. Untuk sistem operasinya sendiri, smarpthone ini menggunakan Android 4.4.2 KitKat yang didukung oleh Chipset Qualcomm MSM8975AC Snapdragon 801, yang memiliki clock speed Quad-core 2.5 GHz serta 2 pilihan RAM 2GB atau 3GB. LG G3 dibanderol Rp. 6,9-jutaan.

Tampilan LG G3 Beat (credit: LG)


Our Review

Features & Design

Tampilan belakang LG G3 (credit: LG)

Jika diperhatikan secara fisik LG G3 mengusung desain yang diwarisinya dari G2 dengan tombol power dibagian cover belakang namun sedikit lebih menyatu dengan desain belakang G3. Pada bagian depan terlihat sebuah sentuhan menarik dengan dual tone warna dan pola-pola melingkar pada bagian bawah yang dilapisi dengan bahan plastik. Sementara untuk kenyamanan pengguna dalam menggenggam smartphone ini, LG G3 telah menggunakan bahan polikarbonat dengan campuran metal sehingga terasa lebih baik jika dibandingkan dengan LG G2 yang menggunakan bahan plastik. Berkat bahan tersebut serta desain belakang yang sedikit melengkung membuat LG G3 ini nyaman digenggam dan tanpa khawatir akan cepat kotor ditambah lagi tampilan yang dimilikinya tampak lebih eksklusif dari sebelumnya. Selain membuat tampilan smartphone ini lebih eksklusif, penggunaan bahan polikarbonat juga cukup mengurangi berat tubuh LG G3 ini sehingga membuat pengguna tidak cepat lelah ketika menggenggamnya.

LG G3 hadir dengan sejumlah fitur utama yang patut dibanggakan dari sebuah smartphone terbaru ini. Fitur yang paling mencolok adalah ukuran layarnya yang cukup besar yakni 5,5 inci dengan resolusi Quad HD. Selain ukurannya yang besar, layar tersebut diklaim memiliki ketajaman yang paling tajam bila dibandingkan dengan smartphone canggih saat ini seperti Samsung yang memiliki ketajaman hingga 440ppi, namun LG G3 menawarkan ketajamn yang lebih tinggi yakni 538ppi. Dengan tingkat ketajaman tersebut LG dengan bangga memastikan pengguna G3 akan terkagum-kagum pada kualitas ketajaman dan kejernihan layar ketika sedang browsing internet, melihat gambar, hingga menonton video high-end.

Tampilan Layar & Antarmuka LG G3 (credit: LG)

Selain layar yang menakjubkan tersebut, LG G3 juga hadir dengan Antarmuka baru yang lebih flat. Antarmuka baru ini cukup terasa memiliki kemajuan yang besar bila dibandingkan dengan model sebelumnya dimana jika pada model sebelumnya Antarmuka tersebut terasa cukup berantakan namun saat ini LG telah memperbaikinya dengan menampilkan Antarmuka yang lebih simple dan nyaman pada LG G3. Antarmuka baru tersebut dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti Smart Notice (notifikasi cerdas seperti asisten personal), Adjustable Keyboard, Smart Security dengan Conten Lock dan Kill Switch yang berfungsi ketika ponsel tercuri, serta fitur yang sebelumnya sudah ada di G2, seperti Knock Code dan Guest Mode.

Fitur lain yang membuat smartphone ini cukup booming saat ini adalah dua buah kamera masing-masing 2,1MP di bagian depan dan 13 Megapixel di bagian belakang yang didukung oleh fitur antarmuka baru serta Autofokus laser yang diklaim memiliki kecepatan autofokus lebih cepat daripada Phase Detection. Pada bagian depan terdapat kamera 2.1MP dan disematkan bukaan besar f/2.0, serta fitur cerdas seperti fitur mengepalkan tangan untuk mengaktifkan timer sehingga sangat cocok untuk foto selfie. Sementara di bagian belakang terdapat kamera utama 13 Megapiksel dengan bukaan f/2.4, serta didukung oleh Dual LED flash, serta OIS+ yang diklaim 20 persen lebih stabil dibanding OIS pada LG G2. Namun yang paling inovatif adalah Laser Autofocus yang diklaim memiliki kecepatan autofokus lebih cepat daripada autofokus menggunakan mode Phase Detection.

Untuk konektivitasnya sendiri, LG G3 sudah dilengkapi dengan fitur konektivitas yang cukup mumpuni untuk ukuran smartphone premium saat ini diantaranya Quadband GSM / HSDPA, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth v4.0 dengan A2DP, port MicroUSB, infrared, NFC, serta GPS dengan dukungan A-GPS. Sementara itu, untuk mengoperasikan interface dan penyimpanan, smartphone ini menggunakan OS terbaru yakni Android OS v4.4.2 KitKat dengan processore Quad-core Krait 400 dikombinasikan dengan RAM 2GB atau 3GB untuk menghasilkan performa yang cepat dan responsif dengan kecepatan maksimal 2.26 GHz termasuk chipset yang disematkan yakni Qualcomm MSM8975C Snapdragon 801.

Performance

LG menggunakan tema “SIMPLE IS THE NEW SMART” pada fitur antarmuka yang digunakan LG G3 dimana antarmuka tersebut tampak lebih simple dan mudah dimengerti dari sebelumnya yang terdapat pada LG G2. Dalam antarmuka ini pengguna dapat menikmati setiap applikasi dengan warna background yang berbeda tentunya dengan tampilan yang lebih rapih jika dibandingkan dengan apa yang terdapat pada LG G2. Pada antarmuka terdapat fitur Knock Code yang memberi perlindungan smartphone dari kemungkinan akses tak diinginkan. Pada Home Screen terdapat fitur Smart Bulletin, yang menampilkan informasi mengenai aplikasi LG Health, serta tips cerdas agar Anda bisa memaksimalkan penggunaan ponsel LG G3, fitur ini dapat di aktif atau nonaktifkan sesuai keinginan Anda. Fitur lainnya yakni fitur Smart Notice dengan cerdas memberikan tips untuk Anda.

Seperti yang diperkirakan oleh para pengguna smartphone premium berpengalaman, jika LG G3 menggunakan layar besar dengan resolusi Quad HD secara otomatis melambatkan kinerja ponsel jika tidak didukung oleh processor dan memori yang mumpuni. Oleh karena itu, LG G3 dilengkapi dengan menyematkan prosesor Snapdragon 801 yang mampu memberi kecepatan hingga 2,5GHz. RAM sebesar 2GB juga digunakan untuk menunjang multitasking di smartphone berlayar besar dan tajam ini. Berkat processor mumpuni dan RAM yang besar tersebut sudah pasti LG G3 tidak mengalami masalah untuk menjalakan sistem operati terbaru Android OS v4.4.2 KitKat. Jika anda penggemar game disematkan pula pengolah grafis dari Adreno 330 yang akan memanjakan mata anda dengan grafis tajam di layar ketika anda memainkan game. Performanya yang tinggi membuat smarpthone ini siap menemani semua kegiatan sehari-hari anda mulai dari browsing internet, mengolah pesan, memutar video, atau bermain game pada layarnya yang menakjubkan.

Software & Functionality

Untuk menjamin keamanan pengguna, sistem operasi Android 4.4.2 KitKat yang digunakan oleh LG G3 telah dilengkapi dengan beberapa fitur keamanan yang cukup handal yakni teknologi Knock code yang memungkinkan anda membuka kunci layar smartphone ini dengan beberapa rangkaian ketukan, serta dua fitur canggih seperti fitur Switch Lock yang dapat menghapus data dari jarak jauh dan fitur Content Lock yang berguna untuk mengunci file penting dan pribadi anda agar tidak dapat diakses orang lain. Selain fitur keamanan tersebut smartphone canggih ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur standar yang menciri khaskan smartphone ini sebagai gadget premium yakni GPS,Java support, Radio, SNS appication, photo viewer/editor, Document viewer, Organizer, voice memo/dial/commands dan Predictive text input yang merupakan fitur standart dari sebuah smartphone.

Tampilan keyboard LG G3 (credit: Techradar)

Bagi Anda yang memiliki pengalaman menggunakan smartphone dengan layar yang besar mungkin pernah mengalami kesulitan dalam mengetik sebuah teks dan khawatir akan terulang pada LG G3, namun Anda tidak perlu khawatir dengan hal itu. LG telah menyematkan berbagai macam fitur pada pengetikan untuk memudahkan pengguna dalam mengetik yang memungkinkan Anda bisa mengatur tinggi keyboard, atau mengaktifkan mode keyboard terpisah. Selain itu terdapat juga fitur one-handed operation, yang memposisikan keyboard pada posisi paling ujung (kanan atau kiri) saja. Atau mungkin pilihan bantuan seperti Path Input (seperti Swype), sugesti, auto-correct, spell checker dan sebagainya.

Kamera

Seperti yang telah disinggung pada pembahasan diatas, LG G3 memiliki dua buah kamera masing-masing 2.1MP pada bagian depan dan 13 Megapiksel pada bagian belakang. Pada kamera belakang ini telah disematkan sebuah OIS+ yang diklaim 20 persen lebih stabil dibanding OIS pada LG G2 untuk memastikan foto dan video yang ditangkap tetap jelas dan tajam tanpa efek blur. Sementara fitur Laser Autofocus memastikan gambar dengan cepat ditangkap oleh kamera dalam sekejap setelah layar disentuh. Ketika ingin memotret, Anda hanya perlu menyentuh sebuah objek pada layar dan seketika kamera LG G3 akan membuat foto langsung terpotret sesaat setelah layar disentuh, tidak usah menunggu kamera mencari-cari fokus.

Fitur kamera pada LG G3 juga mengikuti tema utamanya yang bertajuk “Simple is New Smart” dimana fitur-fitur kamera tampak sedikit dan cukup simple. Tampak beberapa fitur kamera diantaranya mode Auto, Magic Focus, panorama, dan Dual. LG juga tak ketinggalah menyematkan fitur HDR, yang berguna untuk memotret obyek yang membelakangi sumber cahaya, agar lebih terlihat. Tidak hanya itu, ada juga fitur-fitur lain yang cukup diperlukan saat memotret diantaranya pengaturan resolusi (foto dan video), Cheese Shutter (memotret menggunakan perintah suara seperti cheese, smile, whiskey, kimchi, LG), timer serta garis-garis bantuan untuk memudahkan Anda mengatur komposisi.

Kualitas gambar tampak cukup baik dengan ketajaman dan detail yang bagus terutama pada mode HDR dimana warna gambar terlihat cukup natural bila dibandingkan dengan kualitas gambar smartphone lainnya. Kecepatan memotret dalam cahaya rendah mungkin sedikit menurun bila dibandingkan pada situasi cerah namun masih diatas kecepatan rata-rata smartphone lainnya. LG G3 tidak memungkinkan pengguna mengatur ISO ketika memotret sehingga membatasi kreativitas pengguna yang hobi mengekpresikan fotografinya. Namun secara keseluruhan kualitas gambar memiliki nilai lebih jika dibandingkan dengan smartphone lainnya.

Contoh foto LG G3 (credit: Techradar)

Jika Anda ingin merekam video, terdapat empat pilihan mode perekeman video yakni UHD (3840×2160 piksel), FHD (1920×1080 piksel), HD (1280×720 piksel), serta Slow Motion (1280×720 piksel 120fps). Hasil perekaman video dalam resolusi 4K tentu saja tajam dan bagus, namun cukup memakan memori penyimapanan kareana ukuran filenya yang besar. Secara keseluruhan, video terlihat lebih tajam dengan proses perekaman yang mudah dan cepat.

Battery

LG G3 menggunakan baterai dengan daya 3000mAh, itu lebih dari cukup dan bisa dikatakan cukup besar untuk ukuran smartphone. Namun untuk mengoperasikan layar yang besar dengan berbagai fitur yang dapat dikatakan cukup besar dan berat akan memerlukan daya baterai yang cukup besar dan pastinya akan membuat pemakaian baterai lebih boros. Tapi anda tidak pelu khawatir jika anda menggunakan LG G3 ini, karena daya tahan baterai yang dimilikinya cukup besar sehingga cukup untuk memenuhi semua kebutuhan daya yang diperlukan smartphone ini. Ditambah smartphone ini memungkinkan pengguna melakukan pengisian baterai secara nirkabel.

Kesimpulan

Tema bertajuk “Simple is the new smart” sangat tepat digunakan pada LG G3 dimana apa yang dimilikinya memang simple dan mumpuni, mulai dari Antarmuka, fitur kamera, sistem operasi, processor, dan sebagainya. Tidak perlu diragukan lagi, LG G3 adalah salah satu smartphone premium yang terbaik saat ini. Kelebihan yang dimilikinya dapat dikatakan belum ada smartphone lain yang memilikinya seperti layar 2k dan fitur kamera Autofocus Laser. Sementara kekurangan dari smartphone ini akan tergantung dari apa yang dirasakan sendiri oleh masing-masing pengguna. Untuk saat ini, kami dapat menyebutkan sedikit kekurangannya yakni baterai kurang optimal serta layar yang tidak meningkat terlalu jauh dari model sebelumnya.

Spesifikasi

General

2G Network: GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G Network: HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
4G Network LTE 800 / 1800 / 2600
SIM Micro-SIM

Size

Dimensions: 137.7 x 69.6 x 10.3 mm (5.42 x 2.74 x 0.41 in)
Weight: 134 g (4.73 oz)

DISPLAY

Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size 720 x 1280 pixels, 5.0 inches (~294 ppi pixel density)

SOUND

Alert types Vibration, MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes

MEMORY

Card slot microSD, up to 64 GB
Internal 8 GB, 1 GB RAM

DATA

GPRS Class 12 (4+1/3+2/2+3/1+4 slots), 32 – 48 kbps
EDGE Class 12
Speed HSPA+; LTE
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot
Bluetooth v4.0, A2DP, LE
NFC Yes
USB microUSB v2.0

CAMERA

Primary 8 MP, 3264 x 2448 pixels, laser autofocus, LED flash
Features Geo-tagging, touch focus, face & smile detection, HDR
Video [email protected]
Secondary 1.3 MP

FEATURES

OS Android OS, v4.4.2 (KitKat)
Chipset Qualcomm Snapdragon 400
CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7
GPU Adreno 305
Sensors Accelerometer, proximity, compass
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM, RSS
Browser HTML5
Radio TBD
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS
Java Yes, via Java MIDP emulator
Colors Metallic Black, Silk White, Shine Gold
- Active noise cancellation with dedicated mic
- SNS applications
- MP4/H.264/H.263 player
- MP3/WAV/FLAC/eAAC+ player
- Photo viewer/editor
- Document viewer
- Organizer
- Voice memo/dial/commands
- Predictive text input

BATTERY

Type Li-Ion 2540 mAh battery

Video Reviews

Video Review By Pocketnow

Video Review By Marques Brownlee

Video Review By LinusTechTips

Video Review By Android Authority

Video Review By Clove Technology

Video Review By SuperSaf TV

Video Review By DetroitBORG

Sample Photos

- LG G3 Sample Photos @ Phonearena

- LG G3 Sample Photos @ Theverge

- LG G3 Sample Photos @ Techradar

- LG G3 Sample Photos @ Androidauthority

- LG G3 Sample Photos @ Phoneradar

User Manual

- Belum Tersedia

Review overview
Features & Design
Photo & Video Quality
Performance

SIMILAR ARTICLES

Sony Xperia Z2

0 827

NO COMMENTS

Leave a Reply Cancel reply